Malam ke 25 Ramadan, Warga Puri dan Grya di Garut Menjemput Lailatul Qadar dengan Melaksanakan Itikap dan Sahur Bersama

Menjemput malam lailatul qadar, warga puri dan grya di Garut melaksanakan itikaf dan sahur bersama. Kegiatan itu dilaksanakan bertepatan dengan malam ke 25 ramadan.

Jay
Minggu, 16 April 2023 | 17:00 WIB
Malam ke 25 Ramadan, Warga Puri dan Grya di Garut Menjemput Lailatul Qadar dengan Melaksanakan Itikap dan Sahur Bersama
Warga Perum Puri dan Grya Ganda sari RW 14, Desa Mangkurakyat, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat, melaksanakan makan sahur bareng pada kegiatan itikaf di mesjid Baitul Fattah Ahad (16/04).

SUARA GARUT - Malam malam hitungan ganjil  bulan Ramadhan diyakini umat Islam sebagai malam lailatul qodar, sehingga itikaf atau berdiam diri di mesjid dengan memperbanyak ibadah menjadi hal utama.

Malam ke 25 atau orang sunda menyebutnya malam lima likur, tepatnya malam jelang melaksanakan  puasa hari ke 25, warga Perumahan Puri dan Grya Gandasari yang berada di lingkungan RW 14 Desa Mangkurakyat, Kecamatan Cilawu Garut menjadi malam istimewa. Ratusan warga menggelar itikap dan makan sahur bersama.

"Ini memang untuk pertama kalinya kita DKM Mesjid Baitul Fattah menyelenggarakan itikaf dan makan sahur bersama, dalam rangka meningkatkan silaturahmi antar warga dan meningkatkan ibadah di bulan suci Ramadhan tentunya.," tutur Ketua DKM Baitul Fattah Agus Hilman, Ahad (16/04/2023).

Prosesi malam kebersamaan di 25 Ramadhan di mesjid Baitul fatah itu diawali dengan sholat tarawih bersama, kemudian menerima titipan zakat fitrah, membaca Alquran, do'a, berzikir dan sholat qiamul lail, makan sahur, sholat subuh dan ditutup dengan kajian khusus dengan mengundang penceramah  Ustad Suhana.

Baca Juga:Rincian Tarif Jalan Tol Trans Sumatra Mudik Lebaran 2023

Hasan (47) warga yang ikut itikaf bareng, mengaku, senang dengan kegiatan tersebut dan berharap bisa dilaksanakan setiap Ramadhan.

" ni merupakan kegiatan perpaduan  ibadah hablum Minal loh dan hablum minannas (hubungan antara manusia dengan Tuhannya dan hubungan antara manusia) yang patut dipertahankan atau harus digelar setiap tahun," katanya.

Selain warga perumahan, ternyata kegiatan itikaf bareng di mesjid  Baitul Fattah ini diikuti pula oleh puluhan warga dari kampung sekitar Perum.(*)

Editor: Farhan

Baca Juga:Dokter Beberkan Kondisi Terkini David Ozora, Mulai Membaik Di Masa Perawatan Minggu Keempat

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

Daerah

Terkini

Tampilkan lebih banyak