Pendamping Desa Ingatkan Pentingnya Papan Informasi Sebagai Instrumen Transparansi Penggunaan Dana Desa

Papan informasi desa merupakan instrumen penting sebagai pemenuhan unsur Keterbukaan Informasi Publik, terlebih pada kegiatan yang dilaksanakan pemerintah desa yang kini mendapat anggaran dari pemerintah pusat berupa Dana Desa.

Ahmad Muhram
Kamis, 11 Mei 2023 | 17:00 WIB
Pendamping Desa Ingatkan Pentingnya Papan Informasi Sebagai Instrumen Transparansi Penggunaan Dana Desa
Dasep Gumilar koordinator Pendamping Desa kecamatan Bayongbong menyampaikan pentingnya Papan Informasi yang mesti dibuat oleh Pemerintah Desa. (FOTO: Ahmad Muhram/SUARA GARUT)

SUARA GARUT - Pendamping Desa di seluruh Indonesia terus mendorong pentingnya transparansi dalam penggunaan Dana Desa

Salah satu bentuk konkret dari transparansi adalah dengan adanya papan informasi di setiap desa yang menunjukkan detail penggunaan dana tersebut.

Dalam kegiatan rapat koordinasi Tenaga Pendamping Profesional sekabupaten Garut pada Kamis, 11/5/2023. Dasep Gumilar, Koordinator Pendamping Desa kecamatan Bayongbong menyampaikan pentingnya adanya papan informasi tersebut. 

"Dengan adanya papan informasi, masyarakat dapat mengetahui secara jelas dan terbuka bagaimana dana desa digunakan dan apa saja hasilnya. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah desa dan pengelolaan dana desa yang dilakukan," Kata dasep kepada garut.suara.com

Baca Juga:Erick Thohir Dorong UMKM Mendunia lewat Pameran UMKM Rumah BUMN, SME's HUB di Ajang KTT ASEAN 2023

Selain itu, papan informasi juga dapat memudahkan masyarakat untuk memantau perkembangan pembangunan di desanya. 

Dengan mengetahui anggaran yang telah digunakan dan rencana penggunaan selanjutnya, masyarakat dapat memberikan masukan dan tanggapan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan dana desa.

Dasep juga menambahkan bahwa papan informasi harus ditempatkan di tempat yang mudah diakses oleh masyarakat, seperti di kantor desa atau di tempat yang sering dilewati oleh masyarakat.

Senada dengan Dasep, Muhram, Pendamping Lokal Desa Cigedug, menambahkan dalam upaya meningkatkan transparansi penggunaan dana desa, pendamping desa juga berkomitmen untuk memberikan pendidikan dan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya papan informasi dan bagaimana cara membaca dan memahami informasi yang terdapat di dalamnya.

"Kami senantiasa berupaya untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat agar mendapatkan informasi bagaimana seharusnya kegiatan pembangunan di desa dilaksanakan dengan senantiasa melibatkan masyarakat," Katanya

Baca Juga:5 Kebiasaan yang Tanpa Sadar Bisa Merusak Rambut, Jangan Anggap Sepele!

Pendamping desa berharap adanya papan informasi ini dapat membantu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan penggunaan dana desa sehingga pembangunan di desa dapat berjalan dengan lebih transparan, akuntabel, dan efektif.(*) 

Editor: Farhan

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

Berita

Terkini

Tampilkan lebih banyak