Ijazah Milik Siswa Tidak Mampu Hilang di SMAN 6 Garut, FPPP Khawatir Digunakan untuk Tindak Kejahatan

Ijazah milik siswa tidak mampu hilang di SMAN 6 Garut. FPPP khawatir digunakan untuk tindak kejahatan.

Farhan
Jum'at, 26 Mei 2023 | 08:45 WIB
Ijazah Milik Siswa Tidak Mampu Hilang di SMAN 6 Garut, FPPP Khawatir Digunakan untuk Tindak Kejahatan
Ketua FPPP, Dicky Agustaf khawatir ijazah yang hilang digunakan untuk tindak kejahatan.

SUARA GARUT - Hilangnya ijazah milik siswa tidak mampu berinisial WM (19) menjadi perhatian banyak kalangan yang salah satunya dari Forum Pemuda Peduli Pendidikan (FPPP).

FPPP menilai peristiwa hilangnya ijazah di SMAN 6 Garut murni kelalaian intitusi sekolah dan mesti bertanggung jawab menggantinya.

Selain itu, hilangnya ijazah yang masuk dalam dokumen penting pribadi ini bisa saja menjadi celah untuk digunakan sebagai tindak kejahatan.

Ketua FPPP, Diky Agustaf, menyayangkan dokumen penting seperti ijazah bisa hilang di SMAN 6 Garut.

Baca Juga:4 Jenis Makanan yang Dapat Meningkatkan Risiko Ambeien, Segera Hindari

Lebih parahnya lagi, kata dia, SMAN 6 Garut seolah mau cuci tangan dengan beralasan pekerja Tata Usaha (TU) sudah pensiun.

"Ini jelas kelalaian SMAN 6 Garut. Jangan malah menyalahkan orang yang sudah pensiun. Hilangnya ijazah ini harus lembaga yang bertanggung jawab bukan perorangan," kata Diky, Jumat (26/5/2023)

Diky mengkhawatirkan ijazah yang hilang di SMAN 6 Garut malah digunakan untuk tindak kejahatan.

"Mungkin saja ijazahnya digunakan untuk tindak kejahatan. Bisa saja untuk memalsukan lamaran pekerjaan atau yang lainnya," ungkapnya.

Berbagai kemungkinan buruk bisa saja terjadi dengan hilangnya ijazah tersebut, sehingga pihak sekolah sebagai lembaga yang melakukan penahanan mesti bertanggung jawab.

Baca Juga:Daftar Harga BBM Pertamina Setelah Turun Per Hari Hari ini

"Jangan sampai malah pihak keluarga korban yang pontang panting sementara pihak sekolahnya hanya berdiam diri," ungkapnya.

Menurutnya pihak sekolah tidak bisa lepas tangan dan cukup mengatakan jika ijazah milik siswa tersebut sudah ada yang mengambil. 

Apalagi pihak sekolah juga tidak bisa memastikan siapa orang yang telah mengambil ijazah milik WM yang hilang tersebut.

"Kalaupun benar ijazah Wilda telah ada yang mengambil, seharusnya pihak sekolah tidak sembarangan memberikannya begitu saja jika tidak diambil langsung oleh pemiliknya. Kalaupun yang mengambil mengaku pihak keluarga, seharusnya pihak sekolah meminta surat kuasa dari pemilik ijazah serta mencatat identitas orang yang mengambilnya itu," ucapnya. 

Menurut Diky, peristiwa ini menjadi pelajaran bagi sekolah lainnya agar tidak menahan ijazah siswa yang masih menunggak iuran sekolah.

"Silahkan saja buat perjanjian, sementara ijazahnya harus tetap diberikan. Kasian masa depan siswa jadi rusak gara-gara ijazahnya ditahan," pungkasnya.(*)

Editor: Farhan

Daerah

Terkini

Promotor konser Coldplay di Jakarta diperiksa Bareskrim Polri terkait kasus penipuan jasa titip (jastip) tiket konser Coldplay.

Berita | 09:30 WIB

Kecelakaan terjadi di Jalan Nasional 3 Sukahaji Cihaurbeuti Ciamis pada Sabtu, 27 Mei 2023. Diduga rombongan moter gede (moge) menyerempet motor yang dikendarai santri.

Berita | 09:16 WIB

Selain bugar, ketika bertarung ayam adu akan memiliki pukulan keras, hingga lawanpun akan KO dengan ramuan jamu ini.

Berita | 09:00 WIB

Sebagai upaya meningkatkan kapasitas profesionalisme guru, Dirjen GTK membuka pendaftaran Seleksi PPG guru dalam jabatan 2023.

Berita | 08:50 WIB

Lionel Messi resmi masuk dalam skuad Argentina yang akan bertanding melawan Timnas Indonesia. Kepastian itu disampaikan Asosiasi Sepak Bola Argentina atau AFA.

Olahraga | 08:10 WIB

Meski tersisa tinggal empat hari lagi, batas akhir pengusulan NI PPPK dari daerah ke BKN, belum terlihat ada tanda-tanda akan ada penyerahan SK, selain yang sudah dilakukan Sumenep.

Berita | 07:45 WIB

Kabar penyerahan SK NIP PPPK tersendat karena ada daerah yang menunda penetapan SK, akibat terbatasnya anggaran yang dimiliki untuk pengagajian ASN PPPK.

Berita | 07:07 WIB

Tersisa empat hari kerja batas akhir pengusulan NIP ASN PPPK dari BKN, wilayah Priangan Timur belum ada tanda-tanda SK ASN PPPK akan diserahkan.

Berita | 06:30 WIB

Sebagian daerah di Indonesia telah menyiapkan penyerahan SK, sekaligus penandatanganan Surat Perjanjian Kerja antara pelamar dengan pemberi kerja, salah satunya akan dilaksanakan 29 Mei 2023 di daerah ini.

Berita | 06:07 WIB

Persib segera menggelar latihan perdana pada 5 Juni sebagai persiapan musim baru. Luis Milla tak ambil pusing pemain belum berkumpul semua di awal latihan.

Olahraga | 21:30 WIB

Polisi menemukan tanda-tanda kekerasan di tubuh korban mayat dalam karung.

Metropolitan | 05:39 WIB

Gidion menduga adanya indikasi pembunuhan terhadap korban mayat dalam karung tersebut.

Metropolitan | 23:01 WIB

Mayat tersebut ditemukan dalam kondisi terbungkus karung.

Metropolitan | 20:14 WIB

Pemprov DKI Jakarta menggelar lomba desain ikon Jakarta. Perlombaan tersebut pun kini menjadi sorotan sejumlah pihak, mulai dari para politikus sampai dengan warganet.

Metropolitan | 14:26 WIB

Dinas Perhubungan DKI Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi mulai 24 Mei 2023.

Metropolitan | 19:08 WIB

Andre Taulany datang langsung ke Indramayu demi menghindari pernikahan Tono.

Gosip | 09:30 WIB

"Olahraga itu kalau bisa semakin banyak pihak support, akan baik untuk kita," kata Raffi Ahmad.

Gosip | 09:03 WIB

Beni Mulyana kerap membagikan foto saat bersama dengan buah hatinya.

Gosip | 08:45 WIB

Postingan Alshad Ahmad yang gercep disukai Tiara Andini membicarakan soal anak yang baru lahir.

Gosip | 08:30 WIB

Namun Antonio Dedola malah membantah penilaian Lolly, simak selengkapnya berikut ini.

Gosip | 08:00 WIB
Tampilkan lebih banyak