Terdaftar Sebagai Peserta PPG Guru Dalam Jabatan 2023 Wajib Akses SIMPKB, Jika Lupa Akun dan Pasword Caranya Begini

Kuota melimpah dalam kuota seleksi PPG guru dalam jabatan kembali digulirkan Dirjen GTK tahun 2023, yang dapat diakses melalui akun SIMPKB.

Seno
Minggu, 28 Mei 2023 | 12:01 WIB
Terdaftar Sebagai Peserta PPG Guru Dalam Jabatan 2023 Wajib Akses SIMPKB, Jika Lupa Akun dan Pasword Caranya Begini
Terdaftar Sebagai Peserta PPG Guru Dalam Jabatan 2023 Wajib Akses SIMPKB, Jika Lupa Akun dan Pasword Caranya Begini.(Foto: Tangkapan layar/ Kemendikbudristek.)

SUARA GARUT - Sehari yang lalu secara resmi Dirjen GTK melalui Direktorat Pendidikan Profesi Guru (DirPPG) Kemendikbudristek telah merilis pendaftaran seleksi PPG guru dalam jabatan 2023.

Tentu hanya guru yang beruntung saja dapat terpanggil mengikuti seleksi PPG yang akan di umumkan hasilnya 5 Juli 2023 tersebut.

Akan tetapi, sayangnya informasi anda terpanggil atau tidak dalam seleksi PPG guru dalam jabatan tersebut akan diketahui melalui aplikasi SIMPKB.

Oleh sebab itu, para guru yang sudah mememnuhi persyaratan administrasi atau pernah mengikuti seleksi administarsi sebelumnya wajib masuk ke dalam akun SIM PKB tersebut.

Baca Juga:Catat Jadwalnya! Syarat Sasaran Seleksi PPG Dua Kategori Guru Dalam Jabatan Tahun 2023 Berbeda, Begini Katanya

SIM PKB, ini merupakan admin personal merupakan induk dalam manajeman pengembangan keprofesian dan keberlanjutan.

Guru dapat mengakses admin induk SIMPKB tersebut menggunakan nomor uji Kompetensi guru (NUKG) yang telah diberikan saat lulus uji kompetensi.

Permasalahanya adalah, terkadang guru lupa pasword untuk masuk kedalam SIMPKB, padahal mustahil guru mendapatkan informasi PPG dalam jabatan, jika tidak masuk ke ruang tersebut.

Para guru jangan khawatir jika anda lupa pasword bisa meminta admin forum guru di wilayah kelompok Kerja Guru (KKG) untuk mereset pasword.

Akan tetapi ada dua cara bagi guru agar bisa masuk dalam ruang SIMPKB tersebut, yaitu bagi yang berada di instansi kemenag, menggunakan akun SIMPATIKA.

Baca Juga:Hasil Menko Luhut Kunker ke China, Bawa Produsen Mobil Listrik BYD Investasi ke RI

Sedangkan guru yang berada dalam instansi kemendikbudristek, dapat mengakses SIMPKB menggunakan Akunbelajar.id.

Sebagaimana surat edaran Dirjen GTK, kuota peserta Seleksi PPG guru dalam jabatan terbagi kedalam kedua kategori.

Kuota sasaran untuk guru dengan kategori A sebanyak 352,668 orang, untuk 38 instansi.

Sedangkan kuota sasaran guru dengan kategori B, sebanyak 564,387 orang, sebanyak 38 instansi se-Indonesia. (*)

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

Berita

Terkini

Tampilkan lebih banyak